Kamis, 19 Juli 2012

MEDIA TRANSPARAN

Media transparan seringkali digunakan untuk keperluan print selain media kertas yang sudah biasa digunakan. Karena berbagai kebutuhan, media transparan diperlukan sebagai media cetak untuk berbagai macam aplikasi. Selain hasil cetak yang lebih unik dari media kertas karena bisa tembus pandang, media transparan bisa untuk variasi media print. Ada beberapa jenis media transparan yang disediakan digital printing apabila memerlukan cetak transparan diantaranya kalkir, mika, sticker transparan serta backlight.

1. Kalkir.
     Kalkir masih tergolong media kertas yang agak kaku jadi apabila tidak hati-hati mudah sekali kusut. Warna transparan agak pucat/buram, meskipun demikian untuk hasil print masih bisa dilihat tembus pandang dengan jelas. Bisa diaplikasikan untuk print ukuran A4 sampai A0, baik print BW ( black white ) maupun colour. Sering digunakan untuk print gambar kerja arsitektur ataupun gambar cetak sablon. Namun untuk print warna juga bisa dan akan lebih menarik karena bisa dilihat bolak-balik dari dua sisi. Bagus juga sebagai isi halaman buku yang memerlukan isi kertas transparan.

2. Mika.
     Sejenis plastik bening transparan yang lentur khusus untuk print. Tersedia ukuran F4 atau A4 untuk print BW dan colour. Seringkali diperlukan untuk print dokumen presentasi yang akan diperbesar dengan projector.

3. Sticker Transparan.
     Ada banyak sekali macam sticker dan salah satunya sticker transparan. Tersedia dalam berbagai macam size tergantung kebutuhan yang akan diperlukan. Aplikasinya untuk ditempel di dinding kaca, baik kaca depan bangunan ataupun kaca penyekat antar ruangan.

4. Backligh.
     Media print transparan ini digukan untuk neonbox. Karena memerlukan pencahayaan, maka efek print yang timbul akan kelihatan bagus setelah pencahayaan dinyalakan. Backlight ini bisa untuk media print indoor maupan outdoor.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar