Selasa, 10 Juli 2012

BERBAGAI JENIS FINISHING

Digital printing sebagai tempat print yang melayani berbagai macam pekerjaan printing sudah tentu menyediakan berbagai jenis finishing. Namun banyak diantara kita ada yang belum tahu finishing seperti apa yang bisa dikerjakan di digital printing. Penting bagi mereka yang pekerjaannya berhubungan dengan print untuk mengetahui berbagai jenis finishing yang disediakan tempat print. Selain untuk mempermudah pekerjaan juga dapat mempercepat waktu pengerjaan, karena sudah tahu setelah diprint selanjutnya di finishing jenis apa yang cocok untuk jenis pekerjaan kita nantinya.


Lalu seperti apa jenis finishing di digital printing ?. Ada banyak macamnya untuk menyelesaikan hasil akhir pekerjaan agar tampil lebih sempurna. Beberapa contoh berikut dapat membantu mereka yang masih bingung untuk urusan finishing.

1. Perfect Binding.
     Jilid dengan menggunakan lem panas. Salah satu sisi lembaran kertas yang akan dijadikan buku di milling/sayat dengan pisau untuk celah agar lem bisa masuk sempurna untuk merekatkan lembaran kertas. Contoh aplikasi perfect binding adalah untuk finishing buku jenis soft cover ataupun hard cover seperti magazine, novel, yearbook, skripsi.

2. Wire Binding.
     Jilid dengan menggunakan spiral, baik itu spiral kawat ataupun spiral plastik. Jilid spiral ini tersedia dengan bergai jenis ukuran dari yang kecil sampai besar tergantung ketebalan kertas yang akan dijilid. Selain itu ada beberapa macam pilihan warna untuk menyesuaikan dengan hasil print. Sebagai contoh pekerjaannya adalah untuk proposal, portofolio, agenda, kalender.

3. Saddle Stiching.
     Jilid dengan menggunakan jahit kawat atau sering disebut steples tengah. Lembaran kertas dilipat jadi dua kemudian tengahnya diberi semacam kawat pengikat. Contoh buku tulis yang biasa kita temui sehari-hari.

4. Laminating.
     Proses melapisi media print dengan plastik dengan temperatur panas ataupun tidak panas. Tujuannya adalah agar media print tidak mudah rusak dan menjaga dari goresan serta lebih tahan terhadap air. Selain itu dapat menambah tampilan hasil print lebih sempurna. Ada dua pilihan untuk laminating ini : doft ( tidak mngkilap ), glossy ( mengkilap ). Contoh untuk finishing Xbanner maupun rollup banner.

5. Cutting.
     Finishing untuk memotong media print baik itu dengan pisau atau laser. Berbagai pola model bisa dipotong dengan laser cutting. Contoh cutting sticker, potong kartu nama.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar